INTERNET BERORIENTASI PENGEMBANGAN PENDIDIKAN

teknologi-pendidikanTelah diakui, bahwa teknologi telah mempermudah manusia untuk menyederhanakan pekerjaan dan kebutuhan mereka. Mulai dari komunikasi, pendidikan, ekonomi dan lain sebagainya. Dalam  ranah pendidikan khususnya, ia sangat membantu dalam  proses belajar dan mengajar sehingga kita mengenal dewasa ini pembelajaran jarak jauh (e-learning).  Sedangkan pada zaman dulu manusia harus menempuh jarak berpuluh-puluh kilometer untuk menuntut ilmu.  Imam Syafii misalnya, beliau melakukan perjalanan  berhari-hari dari Palestina, ke Madinah, Irak, Mesir untuk menuntut ilmu dan  hadits.

Perlu dicatat disini, lahirnya teknologi dewasa ini bak mata uang yang mempunyai dua sisi, positif dan negatif. dalam konteks pendidikan, teknologi dinilai positif ketika ia dimanfaatkan untuk tranfer ilmu (mengunduh buku), pendidikan jarak jauh, pendaftaran online, dll. Sedangkan dinilai negatif saat ia disalahgunakan (maluse) untuk mengakses situs-situs terlarang misalnya.

Salah satu penggunaan internet yang positif adalah mengakses/mengunduh buku di situs penyedia buku dan hasil penelitian yang ada di perguruan tinggi. Bagi guru, manfaat dari adanya internet sudah banyak dirasakan mulai dari BSE (Buku Sekolah Elektronik); meski masih terbatas untuk pelajaran-pelajaran umum saja, berita harian (newspaper) baik berbahasa Indonesia maupun Inggris atau Arab. Namun yang lebih penting dari ini semua, guru harus bisa mengajarkan siswa bagaimana mengambil manfaat dari internet untuk mengembangkan diri mereka, dan menghindarkan mereka dari penyalahgunaan (maluse).

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s