KARAKTERISTIK PENDIDIK BAHASA ARAB IDEAL

DSC04053

Bahasa Arab merupakan bagian dari agama Islam, karena ritual-ritual sakral dalam Islam menggunakan bahasa Arab seperti shalat, doa, dan membaca Al quran. Dan ulama berijma bahwa posisi bahasa Arab tidak tergantikan dalam ibadah shalat. ibnu taymiyyah -syaikhul Islam- berkata

معلوم أن تعلّم العربية وتعليم العربية فرض على الكفاية

”Sudah jamak diketahui bahwa belajar dan mengajar bahasa Arab hukumnya fardhul kifayah”

إن اللغة العربية من الدين، ومعرفتها فرض واجب، فإن فهم الكتاب والسنة فرض، ولايفهم إلا باللغة العربية، وما لايتم الواجب إلا به فهو واجب

“Sesungguhnya bahasa Arab adalah bagian dari agama (Islam), dan memahami Al Quran dan Hadits adalah wajib, sedangkan bahasa Arab adalah satu-satunya jalan untuk memahami keduanya, maka jika suatu hal menjadi syarat untuk melaksanakan perkara yang hukumnya wajib, maka ia juga wajib hukumnya.” Dengan kata lain, merupakan kewajiban seluruh muslim untuk memperlajari bahasa Arab demi memahami Al Quran dan Hadits.

Tentu saja dalam belajar bahasa Arab kita memerlukan seorang guru, karena ia merupakan salah satu dari 3 unsur tak terpisahkan dari proses kegiatan belajar mengajar yaitu: pelajar, pengajar dan materi bahan ajar.

Capture

Pendidik bahasa Arab tentu saja harus memenuhi kriteria-kriteria tertentu sehingga ia mampu mengemban amanat sebagai pendidik bahasa Al quran. 2 hal wajib yang harus ada pada diri pendidik bahasa Arab adalah karakteristik dan kompetensi.

Karakteristik pendidik bahasa Arab (Abid Taufiq Al Hasyimy: 1983, Beirut) sebagai berikut:

  1. Cerdas (الذكاء): bahasa Arab mempunyai aturan-aturan yang kompleks untuk dipelajari, seperti ilmu nahwu, sharf, balaghah, dilalah. Maka sangat logis, jika guru harus mempunyai kemampuan intelek yang cukup tinggi, karena ia dituntut bukan hanya memahami tapi juga memahamkan peserta didik bahkan mempermudah pemahaman mereka terhadap teori dan aturan-aturan bahasa Arab.
  2. Berbudi luhur (الأخلاق الكريمة): sebagaimana yang dicontohkan oleh rasulullah saw, beliau ditugaskan untuk menjadi guru “بعثت معلّما” sekaligus untuk mengajari/memperbaiki akhlak “بعثت لأتمّم مكارم الأخلاق”. Guru tidak hanya sebatas mentransfer ilmu kepada anak didiknya, namun lebih dari itu ia berkewajiban untuk memberikan suri tauladan bagaimana cara berperilaku yang luhur.
  3. Ilmu luas (غزارة المادّة العلمية): sebelum mengajar, guru harus mempersiapkan dan menguasai ilmu-ilmu yang akan diajarkan dalam proses KBM. Tidak jarang kita temukan, guru yang hanya berbekal keberanian namun kosong ilmu yang akhirnya merugikan peserta didik. Dimana ia mengarang jawaban untuk menjawab pertanyaan sang murid, dikarenakan keterbatasan ilmunya. Guru yang seperti ini seperti berangkat perang tanpa membawa senjata, pepatah Arab mengatakan “جهّزوا الرماح قبل الرماية” persenjatailah dirimu sebelum berperang.
  4. Menyukai profesi pendidik (الرغبة الذاتية): guru harus menghayati sekaligus menikmati perannya, sehingga tidak ada rasa bosan menjalankan rutinitas yang ia jalankan. Sebaliknya, jika ia menyukai profesinya sebagai guru, ia akan bekerja sepenuh hati dan ini sangat penting bagi keberhasilan pembelajaran. Guru bahasa Arab hendaknya menata niat bahwa ia bukan sekedar mengajar, namun ia juga berdakwah dan mensyiarkan agama Islam melalui bahasa Al Quran خدمة لغة القرآن شرف لنا
  5. Menguasai ilmu pedagogik (ولايته على طرق تدريس العربية): bekal kepandaian berbahasa Arab maupun ilmunya saja tidak cukup untuk mengajar, tapi ia juga harus pandai mengajarkannya, menyederhanakan sesuatu yang rumit, me-manage kegiatan belajar sehingga menjadi efektif dan efisien. Guru harus paham dan memahamkan materi pembelajaran, bahkan membuat pelajaran menjadi menyenangkan (fun learning).

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s