3 Unsur Bahasa Yang Wajib Dikuasai Pembelajar Bahasa

pembelajaran bahasa

Semua bahasa tidak lepas dari 3 unsur yang saling terkait. 3 unsur itu adalah suara/pelafalan (fonologi), kosa kata (leksikon), struktur kalimat (sintaksis). Dalam konteks bahasa Indonesia-Arab, pelafalan (fonologi) dalam bahasa Arab disamping mempunyai persamaan juga mempunyai perbedaan dengan bahasa Indonesia, hal ini yang dinamakan teori analisis contrastif. Huruf ث، ع، غ، ط، ظ، ض، ذ misalnya, merupakan huruf-huruf yang tidak kita temukan pelafalannya di bahasa indonesia.

Unsur yang kedua, adalah kosa kata (leksikon). Unsur ini wajib dikuasai oleh seorang pembelajar bahasa karena mempunyai signifikansi yang besar dalam mengekspresikan keingginannya. Seringkali kita memahami bahasa balita dari kosa kata yang ia ucapkan, ini merupakan bukti dengan unsur ini kita sudah dapat berkomunikasi. Lebih jauh lagi, tanpa kosa kata kita akan sangat sulit sekali berkomunikasi meski dibantu dengan bahasa isyarat, khususnya  kosa kata yang bersifat abstrak. Dalam konteks bahasa Arab, pembelajar dianjurkan -sesuai kaidah pembelajaran yang efektif- untuk mulai menguasai kosa kata yang mempunyai frekuensi penggunaan yang tinggi baik karena kata tersebut merupakan kata kerja (fi’il) yang sering dikerjakan pembelajar atau kata benda (isim) yang paling dekat dengan kita.

Unsur yang ketiga, struktur kalimat (sintaksis) juga tidak kalah pentingnya. Unsur memiliki peran untuk mengkomunikasikan ungkapan yang lebih kompleks, contohnya “budi tidak masuk kelas, karena ibunya dirawat di rumah sakit”. Ungkapan ini tentu saja akan sangat sulit sekali jika diutarakan dengan dua atau tiga kosakata, karena ia merupakan kalimat bertingkat.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s